Tips Membuat Desain Interior Cafe Baru

Tips Dekorasi Interior Hitam; Dekorasi Serba Hitam Hadirkan Suasana Unik dan Berbeda
October 28, 2017
4 Tips Membuat Ruang Makan Cukup Besar Untuk Tempat Berkumpul Keluarga
November 10, 2017
Show all

Tips Membuat Desain Interior Cafe Baru

Zilvana Decor, Gorden Balikpapan – Banyak sekali konsep desain interior cafe yang sudah diterapkan, mulai dari yang minimalis, rustic, classic, sampai dengan yang modern. Banyak desainer muda kreatif membuat berbagai macam konsep interior cafe dengan sangat menarik, memadukan detail-detail sederhana. Entah disadari atau tidak, desain interior cafe yang menarik akan membantu perkembangan bisnis Anda di samping tentu saja pelayanan, tampilan dan rasa makanan, harga, promosi, dan faktor lainnya. Maka dari itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut agar cafe Anda dapat menjadi magnet baru di tengah sengitnya persaingan bisnis cafe.

1. Observasi target pasar

Bagi Anda yang saat ini berencana untuk membuka cafe baru, hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah target pelanggan yang akan dibidik. Cafe yang modern dan minimalis sangat cocok bagi pelanggan yang berjiwa muda, yang memerlukan tempat berkumpul dengan teman seusianya. Namun apabila target pelanggan Anda adalah keluarga, baiknya Anda membuat konsep yang lebih homey, hangat, dengan meja berukuran lebih besar. Beberapa cafe bahkan membuat ruang lesehan agar suasana terasa lebih kekeluargaan.

Penentuan target pemasaran tersebut akan sangat membantu Anda dalam menentukan desain yang paling sesuai untuk cafe Anda. Ini merupakan salah satu kunci sukses untuk mengembangkan usaha cafe yang Anda buat. Semakin banyak jumlah pelanggan, maka cafe Anda juga akan semakin terkenal dan keuntungan yang diperoleh juga kian meningkat.

Gunakan internet sebagai referensi Anda dalam menggali target pasar dan mendapatkan beberapa contoh ide desain interior cafe yang sedang tren saat ini. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan kontraktor interior mengenai desain, teknis pelaksanaan, hingga estimasi biaya yang dibutuhkan.

2. Tentukan tema cafe

Setelah melakukan observasi terhadap target pasar, saatnya Anda menentukan tema cafe. Dengan semakin banyaknya cafe dan restoran yang serupa, sebaiknya Anda membuat tema yang unik dan agar cafe Anda berbeda dengan cafe yang lain. Gunakan kreatifitas Anda sendiri untuk memberikan sentuhan yang personal dan unik pada cafe Anda. Ada banyak sekali tema cafe yang bisa Anda aplikasikan, mulai dari tema alam, ruang terbuka, homey, kantor, casual, minimalis, adat, classic, rustic, chick, open space, dan lain-lain.

Sesuaikan tema cafe dengan target pasar dan menu makanan di cafe Anda.

Desain interior cafe yang cocok

Saat pertama kali masuk ke kedai kopi, hal yang diperhatikan oleh pelanggan adalah desain interiornya. Bagaimana kesan yang ditampilkan akan sangat mempengaruhi pelanggan tersebut, apabila kesan pertama itu baik atau bahkan sangat baik, maka bisa dipastikan kelak ia akan kembali lagi. Hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain interior cafe adalah flow pelanggan. Dalam poin ini dianjurkan untuk mengatur jalur keluar masuknya pelanggan, mulai dari proses pemesanan, tempat duduk, hingga pintu keluar. Dengan memperhatikan poin tersebut, arus pengunjung akan tetap terjaga dan tidak akan macet di titik tertentu sehingga membuat tidak nyaman. Dan dengan sedikit tambahan, flow pelanggan ini bisa menjadi sebuah strategi pemasaran untuk meningkatkan omset penjualan produk lainnya atau yang dikenal dengan cross selling / up selling. Sediakan area promosi untuk produk-produk Anda, sehingga pelanggan semakin mengenal apa yang Anda jual.

Apabila memungkinkan, Anda dapat meletakkan display menu yang menarik sehingga pengunjung tahu apa jenis makanan dan minuman yang disediakan di restoran Anda. Display paling menarik bisa berupa miniatur atau dummy. Bisa juga menggunakan foto-foto menu makanan atau minuman cafe Anda.

Jangan lupa untuk membuat ciri khas atau aksen pada interior cafe Anda. Bisa dengan maskot yang diletakkan di area depan pintu masuk atau dekat kasir dan area promosi. Misalnya berupa dinding display yang bisa dijadikan tempat berfoto selfie, sehingga para pelanggan dapat memposting foto tersebut di media sosial. Atau bentuk plafon dengan lampu dekoratif yang unik. Dapat juga berupa keramik lantai yang warna-warni atau menimbulkan kesan tempo dulu. Nah, hal-hal unik seperti ini membuat cafe Anda akan lebih berkesan.

3. Furniture

Pemilihan bentuk furniture juga menambah keunikan dari desain interior cafe. Meja dan kursi minimalis dengan warna senada dengan tema cafe dapat menghasilkan efek yang cantik untuk ruangan. Untuk menambah kenyamanan pelanggan, meja dan kursi dapat diletakkan dekat jendela. Atau jika tidak memungkinkan Anda dapat membuat taman kecil di dalam cafe lengkap dengan kolam dan pencahayaan yang bagus sehingga suasana tetap nyaman.

Furniture tidak terbatas hanya pada meja dan kursi cafe saja. Pintu masuk cafe yang dibuat lebar dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga orang merasa ingin masuk ke dalamnya. Jangan lupa untuk membuat hiasan yang menarik. Meja display atau meja kasir yang unik juga dapat membantu mempertahankan pelanggan Anda. Bila memungkinkan, perbanyaklah menggunakan kaca transparan agar pelanggan dapat menikmati pemandangan di luar cafe Anda.

4. Kerapian dan kebersihan

Ingat pengunjung datang untuk menikmati makanan di tempat Anda. Jadi kebersihan cafe harus selalu diutamakan. Poin ini berhubungan dengan pelayanan tim Anda. Segera bereskan meja yang kotor, dan siapkan untuk tamu berikutnya. Restoran yang bersih dan rapi pasti membuat pengunjung semakin betah makan di sana.

Selain sambutan dan layanan yang baik, pakaian seragam akan membawa suasana menyenangkan dan profesionalisme lebih bagi para pengunjung. Dengan begitu mereka akan merasa bahwa mereka telah datang ke kedai kopi yang memperhatikan segala halnya dengan baik. Dan perlu tetap diingat, sesuaikan desain pakaian seragamnya dengan tema dan skema warna cafe anda.

Jika anda membutuhkan jasa Desain interior, segera hubungi kami Zilvana Decor, Gorden Balikpapan dan kami pun siap datang ke lokasi anda dengan membawa sempel produk dan sekaligus mendiskusikan pemilihan Desain interior sesuai selera dan budget pelanggan, untuk harga masih bisa nego di tempat.

 

sumber: persadainterior.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *